Wednesday, February 8, 2012

Apa bahan bakar kendaraanmu?

Sebuah percobaan buat bahan bakar yang kita gunakan untuk kendaraan kesayangan.
hal ini terinspirasi dari beberapa impian saya:
1. mengurangi konsumsi bahan bakar dari sektor pertambangan
2. kebutuhan bahan bakar ber-oktan tinggi
3. berusaha mencari bahan bakar alternatif untuk selamatkan bumi rumah kita
4. bahan bakar yang bisa diproduksi secara massal dan tidak habis seperti barang tambang

dari cara impian-impian diatas, saya berusaha untuk mencari bahan bakar yg dapat diperbaharui meskipun pada kenyataannya hal ini telah dilakukan oleh berbagai pihak di belahan bumi yang lain. saya hanya berharap bahwa apa yang saya lakukan ini merupakan sebuah upaya untuk mendorong masyarakat terutama masyarakat indonesia untuk lebih peduli terhadap rumahnya sendiri.

percobaan yang saya maksudkan adalah memberikan campuran alkohol ke dalam bensin (premium) sebanyak 10%. kendaraan yang saya gunakan disini adalah satria fu 2011. dimana kendaraan ini yang saya rasakan adalah ketika menggunakan pertamax plus, mesin terasa halus dan tenaga yang dihasilkan cukup untuk mencapai kecepatan 130km/jam pada 9500rpm. berbeda dengan menggunakan pertamax biasa, mesin agak kasar namun tenaga masih sedikit dibawah dibanding dengan menggunakan pertamax plus yaitu 125km/jam pada 9500rpm. berbeda lagi hasilnya dengan menggunakan premium, tenaga yang dihasilkan jauh dibawah daripada pertamax biasa yaitu 120km/jam pada 10.000rpm.

dengan perbandingan diatas serta inspirasi yang saya punyai, akhirnya saya mencoba untuk menambahkan bahan lain pada bahan bakar yang saya pakai setiap harinya. pertama-tama saya masukkan 200 ml alkohol (dlm hal ini spirtus) kedalam 2 liter premium. hasilnya cukup mengejutkan, tenaga yang dihasilkan cukup untuk mengimbangi tenaga yang dihasilkan oleh pertamax plus, tpi sayang, mesinnya terlalu kasar untuk ukuran satria. kemudian saya agak berfikir dan berandai-andai, apakah penyebab dari suara mesin yang kasar? apakah dari campurannya terlalu banyak? kemudian saya lakukan pengurangan kadar alkohol pada angka 100 ml ke dalam 2 liter premium. alhasil justru lebih mengerikan dri percobaan pertama tadi, mesin kasar dan kecepatannya hanya 120km/jam.

kemudian saya terdiam, apa yang terjadi pada angka yang lebih tinggi?

Hasilnya berbeda jauh terhadap apa yang saya bayangkan. Suara mesin sehalus menggunakan pertamax plus, dan kecepatannya lebih dari 130km/jam hasil yang sangat-sangat mengejutkan bagi saya, dimana justru dengan penambahan spirtus di angka 300 ml hasilnya seperti yang saya inginkan. hasil sementara saya bertahan pada angka 300 ml.

cukup sampai disini dulu, beberapa waktu yang akan datang mungkin saya akan menambahkan hal-hal yang lain untuk wujudkan impian saya.
Dari Percobaan diatas mungkin bermanfaat bagi pembaca setia blog saya ini, jika ada masukan atau ingin berbagi lebih dengan saya
saya persilakan. saya tidak menutup kemungkinan untuk mencapai impian saya diatas dengan cara yang lain.

No comments:

Post a Comment